KESIMPULAN

Sepanjang site ini, kita telah mempelajari bagaimana tiap-tiap dari 100 trilyun sel dikendalikan dan diarahkan oleh molekul-molekul kecil dan tak sadar, dan kita telah melihat bagaimana molekul-molekul yang disebut hormon ini menjalankan kendalinya terhadap sel. Kita telah mengamati jaringan komunikasi pada sel dan melihat bagaimana dua sel, yang berjauhan satu sama lain dan tanpa mata maupun telinga, dapat saling berkomunikasi. Dan kita telah melihat bahwa keajaiban yang bekerja jauh di kedalaman tubuh manusia adalah contoh kehebatan daya cipta Allah.
Sambil Anda mengkaji kerumitan keajaiban-keajaiban ini, operasi-operasi menakjubkan yang tengah Anda pelajari terus berlangsung dalam tubuh Anda. Sepanjang waktu Anda membaca site ini, sel-sel tak sadar di dalam tubuh Anda menunjukkan tingkah laku yang sangat cerdas.

Misalnya, sejumlah sel mengukur jumlah cairan di dalam darah Anda.

Sel-sel lain mengukur jumlah gula di dalam darah Anda berulang kali, dan ribuan sel Anda bekerja mandiri untuk menyeimbangkan jumlah itu.

Sejumlah sel memastikan bahwa tulang-tulang Anda mencampurkan kalsium ke dalam darah Anda dengan jumlah yang tepat. Pada beberapa kejadian, proses kebalikannya terjadi, dan kelebihan kalsium di dalam darah Anda dikembalikan ke tulang.

Sel-sel kulit baru dibentuk untuk menggantikan yang mati. Untuk itu, sejumlah sel diperintahkan aar membelah dan berkembang biak. Untuk mengatur suhu tubuh, trilyunan sel berfungsi sebagai pemanas renik. Kecepatan berfungsinya setiap sel diawasi dan dikendalikan satu-demi-satu.

Sel-sel menentukan jumlah natrium di dalam darah Anda, dan jumlah yang dibutuhkan dipasok lewat suatu mekanisme khusus.

Sel-sel mengukur tekanan darah Anda untuk mencegahnya naik atau turun ke tingkat yang membahayakan dan bekerja siang dan malam untuk membuat penyesuaian yang tepat.

Sel-sel otot di sekitar pembuluh darah terkadang mengerut untuk mengecilkannya, terkadang mengendur untuk melebarkannya.

Sejumlah sel di dalam ginjal Anda menyerap cairan atau molekul natrium dari air seni dan mencampurnya dengan darah Anda…

Dan ribuan tugas seperti itu dijalankan oleh hormon-hormon Anda.

Ringkasnya, agar Anda bertahan hidup, setiap titik di dalam tubuh Anda dikendalikan satu-demi-satu, kekurangan dihilangkan, dan ketertiban ditegakkan. Sementara Anda membaca site tentang hormon ini, molekul-molekul hormon memastikan berjalannya semua fungsi menakjubkan ini di dalam tubuh Anda.

Di sini, ada sebuah tugas penting yang wajib dikerjakan seseorang: tugas berpikir.

Segala sesuatu di langit dan bumi adalah bukti keberadaan Allah, dan berpikir adalah satu-satunya cara menimbang bukti-bukti ini dengan tepat.

Memikirkan tentang ciptaanNya membawa kita lebih dekat kepada Allah dan membuat kita lebih memahami kekuasaanNya, dan berpikir adalah suatu sarana meningkatkan kesadaran kita akan keberadaan Allah. Quran mengungkapkan bahwa keajaiban-keajaiban Allah ditemukan di bumi dan di langit dan menggambarkan tingkah laku mereka yang beriman pada keajaiban-keajaiban ini.

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal; (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): ‘Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka’. (QS Ali Imran, 3: 190-191)

Sistem hormon yang beroperasi di dalam tubuh manusia tanpa disadari oleh manusia itu sendiri adalah sebuah unjuk tanda-tanda kebesaran Allah. Karena itu, tentunya akan menjadi suatu kesalahan besar apabila pokok-pokok bahasan di dalam site ini hanya dipandang dari sudut biologi.

Membayangkan keajaiban yang terjadi dalam tubuh kita, memikirkan cara semuanya terjadi dan cara sistem yang ada terbentuk akan mendekatkan diri kita kepada Allah.

Ada satu kesimpulan lain yang mesti ditarik dari mempelajari sistem hormon: merenungkan sistem ini akan membuat seseorang makin menyadari rekayasa tak adil untuk menolak keberadaan Allah dengan teori evolusi yang menyangkal keberadaanNya. Sistem hormon ini adalah suatu kesatuan yang terdiri dari banyak sub sistem; jika sebagian tak berfungsi, seluruh sistem akan rusak. Dari sini, jelaslah bahwa pernyataan evolusionis bahwa sistem ini terbentuk secara kebetulan adalah sebuah dongeng.

Orang yang membaca site ini memiliki tugas lain: melakukan apa yang dapat dilakukannya untuk berbagi kepada orang lain keajaiban-keajaiban yang telah dipahaminya dan menyampaikan kepada semua orang di sekitarnya, dengan tulus, bergairah, dan dari lubuk hati terdalam, tentang kehebatan yang telah ditunjukkan Allah. Hanya dengan cara inilah buku ini mencapai tujuannya: menyampaikan ke sebanyak mungkin orang tentang rumitnya kepiawaian daya cipta Allah.


“Mereka menjawab, ‘Maha Suci Engkau, tiada yang kami ketahui selain dari apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami; sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.’”  (QS Al-Baqarah, 2: 32)