KURIR AJAIB: NITRIT OKSIDA

Apakah kesamaan antara pencemaran udara, hadiah Nobel, dan sebuah hormon? Jawabannya adalah “nitrit oksida”. Dalam buku teks kimia, nitrit oksida diartikan sebagai gas beracun tak berwarna yang terjadi dari pembakaran nitrogen. Gas ini sebuah molekul “sederhana” berumus kimia “NO” (suatu molekul yang terbentuk dari satu atom nitrogen dan satu atom oksigen). Nitrogen dan oksigen merupakan unsur yang banyak dikenal. Satu hal yang pertama kita pelajari di sekolah menengah adalah bahwa udara yang kita hirup mengandung 78% nitrogen dan 21% oksigen.


Nitrit oksida adalah gas yang menyebabkan pencemaran udara dan hujan asam; gas ini juga menghancurkan lapisan ozon dan keseimbangan ekologi.

Ketika mengatakan bahwa nitrit oksida itu “sederhana”, kita hanya membicarakan kesederhanaan susunan kimianya. Dalam kaitan dengan betapa pentingnya NO bagi kehidupan manusia, penelitian yang giat dalam 20 tahun terakhir menunjukkan bahwa molekul ini menjalankan fungsi dasar di dalam komunikasi antar sel. Hasil kerja ilmiah di bidang ini mengungkapkan bahwa nitrit oksida adalah sebuah hormon yang dihasilkan secara alamiah di dalam tubuh manusia. NO adalah kurir kimia yang berperan strategis dalam pengaturan fungsi-fungsi vital pada sistem syaraf, sistem peredaran, sistem kekebalan, sistem pernapasan, dan sistem reproduksi.

Nitrit oksida yang beracun adalah suatu gas yang menyebabkan pencemaran udara dan hujan asam, menghancurkan lapisan ozon dan lingkungan hidup. Gas ini dihasilkan dari pembakaran nitrogen dan ditemukan dalam jumlah besar pada asap kendaraan. Hingga baru-baru ini, hanya segi inilah yang diketahui. Selain dari ancaman terhadap kesehatan manusia, NO dipercayai tak berfungsi apa-apa. Bahkan temuan dari penelitian yang mengatakan bahwa NO itu sebuah hormon tak diterima di kalangan ilmiah. Secara umum, tanggapan awal atas penemuan ini adalah ketakpercayaan.

Namun, di dalam waktu singkat, hasil penelitian menimbulkan minat besar masyarakat ilmiah; sebagai bukti, sebuah majalah ilmiah terkemuka, Science, terbitan Desember 1992, menyebut nitrit oksida sebagai “molekul tahun ini”.74 Dengan bertambahnya penelitian ilmiah di bidang ini, nitrit oksida mendapatkan banyak pengakuan; molekul ini terkenal sebagai “gas ajaib”, “molekul menakjubkan” dan “kurir rahasia”.


Ferid Murad, Louis J. Ignarro, dan Robert Furchgott (kiri ke kanan) dianugerahi Hadiah Nobel bidang kedokteran di tahun 1998 atas penemuan mereka sehubungan dengan peran nitrit oksida dalam komunikasi seluler.

Robert Furchgott, Louis Ignarro, dan Ferid Murad, yang mengungkapkan peran nitrit oksida dalam proses komunikasi seluler, menerima Hadiah Nobel bidang kedokteran tahun 1998. Dalam siaran persnya, Nobel Foundation mengatakan bahwa hadiah itu dianugerahkan kepada ketiga profesor ini atas penemuan yang berhubungan dengan molekul kurir NO, dan bahwa penemuan ini telah menyebabkan ledakan kegiatan penelitian di berbagai laboratorium di seluruh dunia.75 Penelitian khusus di bidang komunikasi seluler menghasilkan sejumlah penghargaan lain kepada para peneliti yang sama dari yayasan Nobel.

Kenyataannya, dalam 10 tahun terakhir, telah terjadi ledakan jumlah penelitian yang dilakukan pada NO; yayasan-yayasan atas nama Nitrit Oksida; majalah telah diterbitkan; menurut catatan Nitric Oxide Society (Masyarakat Nitrit Oksida), ada lebih dari 32 ribu tulisan ilmiah yang membahas molekul menakjubkan ini.76

Dr. Salvador Monsada, yang terkenal dengan penelitiannya tentang nitrit oksida, mengatakan bahwa NO telah mengubah cara berpikir yang diterima secara umum tentang interaksi dari sel ke sel, dan bahwa NO telah mengubah sejumlah pendapat tentang hal ini.77 Dr. John Cooke dari Stanford University telah menggolongkan penelitian ini sebagai “suatu penemuan hebat” yang akan “berakibat dahsyat di bidang pengobatan Amerika — di bidang pengobatan di seluruh dunia”.78

Tentunya, hal mendasarnya adalah bagaimana perkembangan ini telah menyudutkan evolusionis. Sebagaimana pada setiap kemajuan ilmiah, penemuan baru tentang nitrit oksida telah menciptakan mimpi buruk bagi evolusionis karena tak mungkin operasi-operasi menakjubkan di dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh molekul berukuran sepersemilyar meter dapat dijelaskan menurut ketaksengajaan. Nitrit oksida adalah salah satu dari tak terhingga tanda ciptaan Allah yang sempurna.

Kalangan evolusionis terus bertahan menolak keberadaan Allah dan membutakan diri dari setiap bukti penciptaan yang menakjubkan dari atom hingga galaksi. Sikap media cetak mereka terhadap NO adalah bahwa artikel-artikel ini, yang mengaku ditulis secara ilmiah, memuji nitrit oksida habis-habisan dan menyodorkannya bak pahlawan atau manusia super. Karena menyangkal Sang Pencipta nitrit oksida, kaum evolusionis hampi-hampir menuhankan molekul ini dan berbicara seolah-olah NO telah menjalankan tugasnya atas kehendak dan kecerdasannya sendiri.
Evolusionis terjatuh ke dalam perangkapnya sendiri karena cara pandang yang tertekuk ini tak berbeda dengan menuhankan lebah karena memberi madu, pohon karena memberi buah, atau matahari karena memberi sinar kepada dunia. Cara berpikir yang sama akan membawa manusia memuji sebuah lukisan indah tanpa menyinggung atau memuji pelukisnya. Setiap orang harus memilih satu dari dua jalan: apakah akan mempercayai Allah sebagaimana dikatakan dalam Al Qur’an “(Yang memiliki sifat-sifat yang) demikian itu ialah Allah Tuhan kamu; tidak ada Tuhan selain Dia; Pencipta segala sesuatu,…” (QS Al-Anam, 6:102), atau menuhankan atom, molekul, sel, dan tak terhitung benda hidup dan mati lainnya.

Molekul kurir nitrit oksida hanya satu dari tak terhitung anugerah yang telah diciptakan dan diberikan kepada kita oleh Allah Yang Maha Kuasa Yang berkasih abadi. Pada abad saat kita hidup, inilah salah satu dari banyak keajaiban penciptaan yang ditemukan di alam renik. Sepanjang ruas ini, Anda akan membaca tentang kehebatan penciptaan di dalam molekul yang menjalankan tugas-tugasnya demi kita pada 100 trilyun sel di dalam tubuh kita.

Rancangan pada Pembuluh Darah


Sistem pembuluh darah di dalam tubuh kita lebih rumit daripada jaringan jalan raya di negara maju seperti Jepang.

Mari kita mulai penyelidikan kita tentang nitrit oksida di tempat pertama ditemukan — pembuluh darah. Pembuluh darah, bersama dengan jantung dan darah, membentuk sistem peredaran. Pembuluh darah bagaikan sebuah sistem jalan raya yang sangat besar yang menuju ke setiap bagian tubuh kita. Panjang keseluruhannya lebih dari 100 ribu kilometer. Perhitungan sederhana membantu kita lebih memahami betapa pentingnya angka itu: jika semua pembuluh arteri, vena, dan kapiler di dalam tubuh manusia ditempatkan dari ujung ke ujung, hasilnya dapat mengelilingi bumi hampir dua setengah kali.79

Dan sistem pembuluh darah dalam tubuh kita lebih rumit daripada sistem jalan raya di negara maju seperti Amerika. Jalan-jalan raya dibangun dengan lebar tertentu, dan sesuai dengan kepadatan lalu lintas pada waktu yang berbeda, jumlah jalur tidak bertambah atau berkurang. Namun, garis tengah sisi dalam pembuluh darah kita tidak tentu; pembuluh menyempit dan melebar sesuai dengan kegiatan kita sehingga berperan penting mengatur tekanan darah. Maka, berkat sistem yang menakjubkan inilah perubahan yang dibutuhkan di berbagai bagian tubuh kita otomatis dipenuhi. Karena sistem tanpa cela inilah pembuluh darah melebar untuk menanggapi peningkatan kebutuhan darah dan menyempit setelah kita terluka untuk mengurangi perdarahan.


Kenyataan bahwa pembuluh-pembuluh darah menetapkan akan perlunya peningkatan pasokan darah selama olahraga adalah hasil rancangan tanpa cela tubuh kita.

Bagaimanakah pembuluh darah mengetahui kapan harus melebar dan kapan menyempit? Jawaban pertanyaan ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Jelaslah bahwa sedikit saja kesalahan terjadi pada titik mana pun pada jaringan dengan panjang 100 ribu kilometer ini akan tak terhindarkan berakibat buruk.

Sampai 10 tahun yang lalu, para ilmuwan menduga bahwa sejumlah proses yang amat rumit terjadi di dalam pembuluh darah, namun tak dapat menjawab pertanyaan di atas. Penelitian mengungkapkan adanya sebuah kurir kimia — molekul nitrit oksida. Molekul inilah yangmemberikan perintah kepada pembuluh darah agar melebar.
Kini, mari amati lebih dekat pabrik menakjubkan di dalam pembuluh darah kita yang menghasilkan nitrit oksida.
Dengan mikroskop elektron, pembuluh darah kelihatan jauh lebih besar daripada aslinya. Misalnya, 10 pembuluh kapiler dijajarkan, ukurannya hanya sebesar rambut manusia. Dinding sisi dalam pembuluh darah yang sangat kecil ini disekat dengan suatu jaringan yang terbuat dari sel-sel otot halus; pelebaran dan penyempitan pembuluh darah terjadi akibat gerak jaringan ini. Sel-sel otot tak melakukan kontak langsung dengan darah karena sebuah lapisan membran memisahkan sel-sel darah dan otot — endotelium.

Dengan menjajarkannya seperti untaian rantai, sel-sel endotelium membentuk lapisan endotelial. Hingga tahun 1980-an, sel-sel ini diyakini tak berfungsi yang layak diperhatikan selain memperantarai aliran darah di dalam pembuluh. Kini, kita mengetahui bahwa salah satu tanggungjawab sel-sel endotelium adalah pembentukan kurir nitrit oksida.
Sel-sel endotelium adalah pabrik yang menghasilkan molekul nitrit oksida. Pabrik-pabrik ini ada di dalam pembuluh darah yang hanya berukuran sepersejuta meter. Keluaran kimia pabrik renik ini, yakni, molekul kurir nitrit oksida, juga hanya berukuran sepersejuta meter. Untuk membantu kita membayangkan ukuran ini, pembesaran dibutuhkan untuk melihat dengan mata telanjang sebuah molekul NO agar seukuran sebutir anggur, akan memperbesar sebutir bola tenis menjadi sebesar bumi.80


Sebagaimana tampak pada gambar ini, pembuluh darah dapat dirangsang agar melebar dan menyempit.

Kisah Hidup Singkat Kurir NO


Dinding-dinding pembuluh darah dilapisi oleh otot-otot halus yang dapat menegang dan mengendur.  Saat pengapuran terbentuk di pembuluh arteri jantung, aliran darah berhenti.  Pembuluh arteri jantung yang tersumbat tiba-tiba mengejang, jumlah darah yang masuk ke jantung berkurang dan dada terasa sakit.  Dalam keadaan ini, kadar nitrit oksida meningkat menyebabkan pelebaran pembuluh-pembuluh arteri yang memberi makan otot jantung.

Setiap molekul nitrit oksida bertahan sekitar 10 detik. Molekul ini dirancang untuk menyampaikan pesan dalam waktu singkat kepada penerima-penerima tertentu dan sempurna melakukannya tanpa gagal. Molekul kurir NO yang dihasilkan sel endotelium disebarkan dengan kecepatan tinggi ke segenap penjuru. Yang diarahkan ke sel-sel otot halus memasuki membran sel-sel ini. Membran sel otot halus bekerja sebagai penyaring yang mengizinkan masuk NO yang dikenalinya. Tanpa membuang waktu, molekul NO yang memasuki sel otot halus menemui enzim khusus bernama GC dan menyampaikan pesan yang sangat penting. Akibatnya, serangkaian reaksi kimia rumit berlangsung di dalam sel.

Apa yang kita sebut sebagai kurir adalah sebuah molekul berukuran sepersemilyar meter, yang hanya mengandung dua atom. Molekul renik ini bekerja sebagai pengantar surat menemui enzim GC yang menjadi penerima pesan yang diantarnya. Ada ribuan enzim berbeda yang melakukan aneka fungsi di dalam sel. Sekalipun demikian, pesan ini diantarkan setiap saat ke alamat yang benar, yaitu ke enzim yang tepat. Selain itu, molekul kurir bermasa hidup singkat, namun tidak pernah membuat kesalahan menentukan waktu. Molekul yang membawa pesan ini tak mempunyai kompas atau alat sejenis lainnya sebagai penunjuk arah, namun tak pernah tersesat.

Kecepatan molekul nitrit oksida menjalankan fungsinya dapat dibandingkan dengan komunikasi mutakhir lewat surat elektronik (e-mail). NO bekerja seperti halnya sistem portal elektronik, yang mengirimkan pesan dengan kecepatan tinggi ke tujuannya.


Kecepatan molekul nitrit oksida menyampaikan pesannya dapat dibandingkan dengan  dengan sistem pos elektronik.

Ketika menerima pesan yang dibawa oleh NO, enzim GC di dalam sel otot halus memulai kegiatannya. Tugas enzim pekerja ini adalah mengubah GTP, molekul pembawa tenaga, menjadi cGMP. Berbagai reaksi yang terjadi di antara tahap-tahap ini masih belum diketahui.

Dengan istilah yang paling sederhana, di akhir kegiatan enzim, kadar kalsium di dalam sel otot menurun, menyebabkan perenggangan serat-serat dan mengendurkan sel-sel otot. Akibatnya, pembuluh melebar. Pendeknya, pesan yang dibawa oleh molekul nitrit oksida sangat penting dalam mengubah tekanan di dalam pembuluh, dan yang dijelaskan di sini hanya satu dari jutaan proses komunikasi rumit yang berlangsung setiap saat di dalam tunuh Anda.
Bagaimanakah molekul NO yang tak berkecerdasan atau berkesadaran mengetahui sistem sempurna yang bahkan belum dapat dimengerti oleh profesor tingkat dunia? Dan bagaimanakah molekul ini mengetahui sampai ke detik terakhir kapan harus memulai kegiatannya dan kapan mengakhirinya? Bagaimanakah mungkin segera setelah dihasilkan, seolah telah menerima perintah dari tempat lain, molekul NO dapat mengantarkan pesan dengan kecepatan tinggi ke alamat yang benar, tepat waktu, dan tanpa kegagalan?

NO tak bisa sendirian menjalankan operasi menakjubkan ini. Molekul ini, seperti halnya molekul-molekul lain di alam, adalah hasil penciptaan tanpa cela dan ini menunjukkan kekuatan dan pengetahuan Allah yang tak terbatas.


Hormon pembawa pesan mengikat diri ke reseptor di pembuluh arteri.  Karena pengikatan ini, NO dihasilkan.  Molekul NO bergerak menuju ke otot halus dan mengaktifkan enzim GC di sana.  Enzim pekerja ini mengubah GTP, yaitu molekul pembawa tenaga menjadi cGMP.  cGMP menyebabkan ion kalsium bergerak ke tempat penyimpanan di dalam sel.  Akibat proses ini, sel-sel otot halus mengendur dan pembuluh darah melebar.

Pabrik Nitrit Oksida: Sel Endotelium

Asam amino yang dikenal sebagai Argentina-L, sintesis nitrit oksida, nikotinamida adenin dinucleotida fosfat, kalmodulin, oksigen, flavin mononukletida, flavin-adenin-dinukleotida, tetrahidrobiopterin.

Sel-sel endotelium sangat mengenal dan menggunakan zat-zat renik ini untuk menghasilkan molekul-molekul nitrit oksida.

Menggunakan teknologi canggih mutakhir, pabrik-pabrik yang menghasilkan zat-zat kimia bertrilyun-trilyun kali lebih besar daripada sel-sel endotelium. Meski demikian, teknologi pabrik renik yang kita namai endotelium ini jauh lebih maju daripada industri-industri raksasa yang kita kenal. Sel endotelium, yang proses rumitnya baru dimengerti dalam 10 tahun terakhir abad ke-20, meraih semua ini tanpa kesulitan.

Sel-sel endotelium mengetahui zat-zat kimia mana yang harus digunakan dan dengan perbandingan berapa untuk menghasilkan molekul NO. Tiada kesalahan produksi. Misalnya, N2O (gas tawa) tak dihasilkan sebagai ganti NO. Produksi di dalam sel endotelium tak pernah bergantung kepada kebetulan; keseimbangan di dalam produksinya sangat teliti. Kini, ingatlah bahwa jika sel endotelium menghasilkan lebih sedikit kurir daripada yang dibutuhkan, pembuluh darah kita akan menyempit, dan tekanan darah akan naik cepat, menyebabkan serangan jantung. Jika terlalu banyak, pembuluh darah kita akan terlalu melebar, tekanan darah akan turun tajam, dan kita akan terkena syok (pingsan). Namun, sel-sel endotelium tak pernah membuat kesalahan yang bisa menyebabkan kematian seperti itu.

Sel-sel ini siap menghasilkan NO setiap saat sepanjang hidup kita; saat kebutuhan meningkat, produksi segera berlangsung. Pabrik renik ini bekerja dengan sangat efisien; pabrik ini tak menyimpan molekul NO yang dihasilkannya, sehingga tidak ada masalah yang berkaitan dengan penyimpanan.

Pabrik yang luar biasa jauh di kedalaman pembuluh darah kita ini tak memberikan hasil sampingan yang tak diinginkan. Jika mengingat pemanasan bumi, hujan asam, pencemaran lingkungan, dan berbagai masalah lain yang dihadapi dunia saat ini yang disebabkan oleh sampah kimia, kita dapat lebih memahami betapa efisien sel endotelium. Molekul nitrit oksida menjalankan tugasnya hanya dalam 10 detik dan lalu terurai sehingga tak ada pengaruh sampingan berbahaya akibat timbunannya di dalam tubuh. Semua ini berarti bahwa sel-sel endotelium menggunakan cara ideal dalam produksi bahan-bahan kimia.

Sebuah pabrik industri adalah karya para insinyur dan buruh. Sistem di pabrik ini menunjukkan teknologi yang sangat canggih dari perancangnya. Pabrik endotelium adalah karya Pencipta yang unggul; pabrik renik ini bersama dengan 100 trilyun sel lainnya di dalam tubuh kita, jelas menunjukkan pengetahuan abadi Allah.

Kurir di dalam Sperma


Enzim nitrit oksida sintase (NOS) di dalam sperma mulai menghasilkan NO beberapa detik sebelum pembuahan.  Saat penyatuan terjadi, molekul kurir NO pada sperma menyebar ke dalam telur.  30 detik kemudian, kalsium telur diaktifkan dan sel pertama membelah, dan mekanisme penggandaan pun berlangsung.

Fungsi sangat penting lainnya yang dijalankan oleh molekul ini demi kita terjadi di dalam masa-masa awal kehidupan kita. Pertama, kita harus memerhatikan bahwa saat mengatakan “masa awal kehidupan kita”, yang dimaksudkan bukan saat kita lahir. Titik awal kehidupan kita adalah titik awal satu sel yang membentuk kita, ketika sperma menyatu dengan telur.

Saat sperma dan telur bertemu, sejumlah proses kimiawi yang amat rumit dimulai, dan sebagai hasilnya, sebuah embrio dibentuk. Namun, di antara berbagai hal yang masih belum dimengerti, ada satu hal penting yang dapat disimpulkan menurut kata-kata Profesor David Epel, “Sejak dimulainya abad ini, manusia telah mencari tahu bagaimanakah sebenarnya pertemuan sperma-telur memulai sebuah pertumbuhan”.81

Penelitian yang dilakukan untuk menemukan jawaban pertanyaan ini menunjukkan bahwa kurir yang dibawa oleh NO memulai proses yang menakjubkan di dalam rahim ibu. Di dalam sperma, ada sebuah enzim bernama Nitrit Oksida Sintase (NOS). Enzim ini memulai produksi NO beberapa detik sebelum pembuahan dengan pengaturan waktu yang sempurna. Saat pertemuan terjadi, molekul nitrit oksida di dalam sperma menyebar ke dalam telur; 30 detik setelah itu, kalsium di dalam telur diaktifkan dan mekanisme perkembangbiakan di dalam sel pertama terjadi. Pengaturan yang menakjubkan pada sel pertama ini belum sepenuhnya diketahui. Menarik sekali untuk kita iperhatikan bahwa, jika molekul nitrit oksida tak mencukupi, komunikasi antara sperma dan telur tak akan terjadi. Baru pada tahun 2000 ilmu pengetahuan memahami kenyataan ini; lagi-lagi ini menunjukkan kepada kita bahwa nitrit oksida diciptakan oleh Allah dan ditunjuk olehNya untuk menjalankan fungsi-fungsinya.

Berhadapan Langsung dengan Bakteri dan Virus

Sebelumnya, kami telah menyebutkan bahwa, meskipun membawa pesan-pesan penting, nitrit oksida juga molekul beracun. Maka, peran NO dalam sistem kekebalan terkait dengan daya racunnya. Molekul ini dilepaskan oleh makrofagus, yang penting dalam sistem kekebalan tubuh. Ingatlah bahwa makrofagus adalah benda renik berukuran 0,01 milimeter. Melalui proses yang disebut fagositosis, makrofagus menghabisi (menelan) bakteri dan molekul yang berbahaya bagi tubuh kita. Saat bertemu dengan kuman atau bakteri yang menyebabkan penyakit, makrofagus mengepungnya; lalu, bakteri yang dikepung oleh makrofagus ditembaki dengan nitrit oksida. Lewat cara ini, molekul nitrit oksida memulai suatu reaksi yang menghancurkan bakteri. Tentunya, kerjasama antara nitrit oksida dan makrofagus adalah salah satu dari tak terhingga bukti penciptaan yang serasi.


Ketika berada dalam tahap pembelahannya (penggandaan), parasit dan bakteri membentuk suatu hubungan dengan makrofagus, yang memastikan bahwa makrofagus menghasilkan NO.  (a) Enzim ini menghasilkan nitrit oksida dari oksigen dan argin, yang melekat ke atom besinya sendiri.  NO yang dihasilkan menghambat penggandaan parasit.  (b)

Molekul NO memiliki peran menarik lain dalam sistem kekebalan. Penelitian menunjukkan bahwa NO melumpuhkan enzim “protease” yang terdapat pada sejumlah virus. Enzim ini memecah protein besar menjadi bagian-bagian kecil yang digunakan pada produksi virus baru. NO menyebabkan enzim ini tak dapat bekerja, mencegah penggandaan virus.

Molekul-molekul kecil mencari molekul-molekul lain di dalam tubuh yang belum pernah ditemui dan mengetahui dengan pasti bagaimana menyudahi pengaruhnya. Dengan cara ini, manusia diselamatkan dari bahaya besar yang tak disadarinya. Jelaslah bahwa semua keteraturan dan hubungan antar-molekul tak mungkin terjadi secara kebetulan. Allah, Tuhan semesta alam, memberikan molekul NO fungsinya dan menciptakannya dengan kemampuan khusus.
Penelitain di bidang ini berlanjut dan diperkirakan bahwa dalam waktu dekat para ilmuwan akan dapat menggunkan nitrit oksida di dalam perang melawan kanker. Setiap informasi baru yang muncul akan tambah menunjukkan bahwa molekul ini adalah hasil sebuah rancangan luar biasa.

Setiap hari, ada penelitian baru tentang molekul nitrit oksida, dan hasil-hasil penelitian ini menakjubkan, bahkan bagi para ilmuwan. Apa yang sudah diketahui hingga kini adalah bahwa molekul kurir ini dihasilkan di berbagai sel di seluruh tubuh kita, dan berfungsi penting di dalam berbagai proses tubuh. Untuk memahami betapa mencengangkan kegiatan molekul ini, tempatkan diri Anda sejenak sebagai NO dan bayangkan Anda menjalankan tugasnya.
1. Pertama, bayangkan bahwa Anda harus menggantikan peran molekul ini dalam mengatur pembuluh darah. Agar berhasil menjalankan tugas ini, Anda harus lebih dulu mengenal baik sistem peredaran dan komponen-komponennya — jantung, darah, dan pembuluh darah.

2. DI dalam berbagai kegiatan harian, seperti tidur, makan, dan berolahraga, Anda harus menyampaikan pesan mengenai pengaturan tekanan darah ke organ-organ tertentu. Di dalam hal ini, Anda tak boleh melupakan apa pun atau membuat kesalahan sedikit pun. Jika tidak, tekanan darah akan turun terlalu rendah atau naik terlalu tinggi dari biasanya, membuka jalan bagi strok, syok, serangan jantung, dan keadaan lain yang menyebabkan kematian. Selain itu, ingatlah bahwa pembuluh-pembuluh bvena, arteri, dan kapiler di dalam tubuh kita memiliki panjang lebih dari 100 ribu kilometer. Maka, dapat dipastikan Anda tak akan dapat menjalankan tugas ini.

3. Diketahui bahwa NO digunakan sebagai kurir di dalam otak kita selama proses belajar. Proses ini demikian rumit sehingga sebagian besar masih belum dimengerti. Oleh karena itu, upaya bersama seluruh dunia ilmiah tak mungkin mampu menjalankan fungsi kurir ini, apalagi Anda yang sendirian.

4. Jangan lupakan peran yang dijalani nitrit oksida dalam kemenangan sistem kekebalan pada pertempuran melawan virus dan bakteri.

5. Selain itu, dalam ruas ini, kita belum menyentuh peran kurir pada kerja paru-paru, hati, ginjal, lambung, dan sistem reproduksi. Saat menggantikan poisi NO di dalam tubuh manusia, Anda harus memahami bahasa-bahasa semua organ ini; Anda harus menjadi pakar dalam semuanya. Tentunya, ini tak cukup karena tiada yang sebanding dengan tubuh manusia bersama organ-organnya yang bekerja selaras dan trilyunan selnya yang menjalankan fungsi yang amat sangat rumit.

6. Akhirnya, Anda harus mengingat bahwa jika kurir ini tak digunakan dalam kadar yang benar, waktu yang tepat dan tempat yang betul, akibatnya bisa membahayakan. Ini dapat dibandingkan dengan seseorang yang melakukan pekerjaan yang sangat rumit menggunakan dinamit atau bahan peledak setiap saat selama 60-70 tahun dan tak pernah salah memperhitungkan sedetik pun operasi-operasi rumit yang dijalankannya.

Tak peduli seberapa ahlinya Anda, Anda harus mengakui bahwa Anda tak dapat melakukan apa yang dilakukan molekul ini, bahkan dengan bantuan komputer dan laboratorium tercanggih.

Tentunya, molekul kurir nitrit oksida telah diciptakan Allah Yang “telah menciptakan segala sesuatu dan Dia menetapkan ukuran-ukurannya dengan serapi-rapinya” (QS Al-Furqan, 25:2). Meskipun tak memiliki rindera, kecerdasan, kesadaran, pendidikan dan pelatihan teknis, kenyataan bahwa molekul ini dapat mengatur operasi sel, membuat dan menjalankan sendiri keputusannya yang teliti dan penting bagi tubuh manusia, bersumber dari rancangan Allah yang amat unggul dan tak tertandingi.

Semua informasi ini didapatkan dalam dasawarsa terakhir abad ke -20 sebagai hasil penelitian yang giat oleh para ilmuwan yang dianggap pakar di bidang ini. Tentunya, semua yang belum diketahui mengenai NO tak dapat diungkapkan hanya dari hasil kerja seorang peneliti; ada faktor-faktor lain yang harus diperhitungkan. Lembaga-lembaga negara dan antarnegara telah menghabiskan dana dalam jumlah sangat besar untuk kerja ilmiah di bidang ini dan membangun laboratorium dengan peralatan hasil teknologi terkini.

Tentunya, kenyataan bahwa keajaiban-keajaiban penciptaan yang dikandung molekul kurir ini hanya dapat ditemukan setelah begitu banyak kerja dan upaya, adalah unjuk yang lain dari pengetahuan Allah yang amat unggul.

74. D.E.  Koshland, "The Molecule of the Year," Science, no.  258, 18 December 1992, hh.  1861-1865
75. The Nobel Assembly at Karolinska Institute, "Press Release: The 1998 Nobel Prize in Physiology or Medicine," 12 October 1998, http://www.nobel.se/medicine/laureates/1998/press.html
76. The Nitric Oxide Society, "The Nitric Oxide Home Page," 2000, http://www.apnet.com/no/
77. R.H.  Epstein, "Puff the Magic Gas," Physician's Weekly, vol.  XIII, no.  31, 19 August 1996
78. J. Cooke, "Magic Molecule," 12 October 1998, http:// www.pbs.org/newshour/bb/science/july-dec98/nobel_10-12.html
79. M. Encarta Encyclopedia 2000, "Circulatory System"
80. "What is Nanotechnology?," Nano Technology Magazine, November 2001, www.firststagecapital.com/pdf/ FSCNanotechnologyReport.pdf
81. D. Epel, "Scientists discover key ingredient in sexual reproduction," Stanford University News Service, 2000, http://www.stanford.edu/dept/news/ report/ news/august9/sperm-89.html